Jangan Asal Ambil Rumah di Jakarta! Baca Dulu 5 Tips Penting Sebelum Ambil Rumah

Membeli rumah pertama adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup. Bahkan untuk mewujudkan mimpi agar bisa segera memiliki rumah sendiri, kita harus menabung bertahun-tahun demi bisa terkumpul dana minimal cukup untuk uang muka rumah.


Karena itu, agar tidak kecewa dikemudian hari, membeli rumah harus hati-hati dan jeli. Apalagi jika Anda mencari rumah di Jakarta, mencari rumah yang harganya terjangkau makin sulit. Jadi jangan sampai Anda tergoda untuk membeli rumah dijual di Jakarta yang harganya murah tapi ternyata tidak nyaman setelah ditinggali bersama keluarga.

Berikut beberapa tips penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah:

Pertimbangkan lokasi

Rumah yang terletak di lokasi strategis dekat ke pusat keramaian memang memberi banyak kemudahan. Dengan memililiki rumah di lokasi yang strategis, Anda menjadi lebih mudah menjangkau berbagai fasilitas umum seperti pusat belanja, sekolah, puskesmas, halte bus, dan lain sebagainya. Kalaupun tidak ditempati, rumah yang berlokasi di pinggir jalan lebih banyak diminati oleh pencari kontrakan untuk dijadikan tempat tinggal sekaligus tempat usaha.

Di lain sisi, lokasi juga mempengaruhi harga. Rumah di pinggir jalan akan lebih mahal daripada rumah yang berlokasi di gang. Akan tetapi, pemilihan lokasi juga perlu disesuaikan dengan kondisi finansial. Harga jual yang terlalu mahal tentu akan memberatkan keuangan. Karena itu, saat mencari rumah dijual di Jakarta, buatlah beberapa daftar lokasi rumah yang diincar supaya ada alternatif untuk membandingkan harga dan spesifikasi. Jangan tergesa-gesa jika ingin mendapatkan deal terbaik.

Tanah dan bangunan harus bersertifikat

Jika sudah menemukan rumah idaman, perlu diperhatikan legalitas dari tanah dan bangunanya. Penjual harus bisa menunjukkan sertifikat asli atas rumah tersebut. Bila rumah yang dijual adalah warisan, pastikan untuk mendapatkan persetujuan dari semua anggota keluarga penjual. Hal ini penting sebagai antisipasi masalah sengketa tanah di kemudian hari.

Periksa kelayakan rumah

Rumah yang layak tinggal bukan hanya soal bangunan yang bagus atau jumlah ruangan yang banyak. Perlu diperhatikan pula bagaimana kondisi air dan saluran listriknya apakah kondisinya baik. Apalagi soal air, hal ini sangat vital karena tak tergantikan. Pastikan airnya bersih dan ketersediaannya memadai. Selain itu, periksa juga jendela dan ventilasi guna memastikan sirkulasi udara di dalam rumah berjalan dengan rumah.

Perhatikan kekondusifan lingkungan

Angka kriminalitas di Jakarta masih cukup tinggi. Jika di komplek perumahan, biasanya ada petugas keamanan 24 jam dan CCTV. Namun jika di pemukiman biasa, sebaiknya hindari lokasi perumahan yang rawan kasus kriminalitas seperti pencurian dan tawuran. Lebih bagus lagi jika ada sistem keamanan seperti ronda malam.

Cari lebih banyak informasi mengenai daerah rawan banjir

Jakarta hingga saat ini masih sering dilanda banjir setiap tahunnya. Karena itu, Anda yang mencari rumah di Jakarta juga harus lebih selektif dalam mencari lokasi hunian. Sebisa mungkin hindari kawasan yang sering menjadi langganan banjir. Informasi dan peta rawan banjir di Jakarta bisa diakses secara online di situs resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta.

Di kawasan yang jarang terkena banjir pun, Anda perlu memeriksa keadaan lingkungan sekitar dan mencari tahu bagaimana perilaku warga dalam mengelola sampah rumah tangga mereka. Saluran-saluran air yang tersumbat banyak sampah kemungkinan besar mengindikasikan warga sekitar kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan. Apalagi jika di sekitarnya area hijau sangat minim, risiko banjir pun meningkat.