Tips Mendapatkan Lingkungan Nyaman di Kantor Baru

Meskipun sebelumnya memiliki pengalaman bekerja, terkadang kita merasa sedikit cemas di hari pertama masuk kerja di kantor baru. Hal ini wajar, namun beberapa orang tidak mampu mengatasi itu sehingga tetap tidak nyaman walau sudah berminggu-minggu. Bahkan tak sedikit orang yang memutuskan untuk segera mencari pekerjaan baru karena merasa tidak cocok dengan beban pekerjaan ataupun rekan kerja.

Bagaimanapun, resign bukan solusi yang bijak. Merasa nyaman di lingkungan kerja baru memang tidak mudah jika kamu tidak mau beradaptasi. Belum tentu juga tempat kerja selanjutnya akan lebih baik dari tempat kerja sekarang. Supaya bisa cepat beradaptasi, berikut beberapa tips mendapatkan lingkungan nyaman di kantor baru:


Bersikap ramah

Para senior Kamu pasti tidak akan suka jika ada anak baru yang tampak jutek dan sombong. Sikap ramah itu penting supaya lebih mudah berbaur dengan rekan kerja di kantor baru. Dengan begitu, para senior akan dengan senang hati memberikan bantuan ketika kamu butuh bantuan. Mereka pun tak canggung untuk mengajakmu makan siang bersama. Dari sanalah, Kamu bisa mulai berbincang entah itu masalah pekerjaan hingga hal-hal pribadi sehingga terjalin keakraban.

Jangan membanding-bandingkan

Tidak ada perusahaan yang sempurna. Supaya bisa lebih mudah adaptasi di tempat baru, jangan membanding-bandingkan secara berlebihan gaji, beban kerja, hingga sikap para karyawan di kantor baru dengan kantor lama Kamu. Fokuslah pada apa yang dijalani sekarang. Jangan banyak mengeluh dan selalu ingat pada tujuan Kamu bekerja. Percayalah dengan begitu, hari-hari yang dilewati di tempat kerja baru akan terasa ringan dan menyenangkan.

Pelajari etika dan budaya kerja di kantor baru

Beda perusahaan, beda kebijakan. Beda pula etika dan budaya kerja para karyawannya. Sebagai anak baru, kamupun dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan ritme kerja di kantor baru. Awalnya mungkin sulit, tapi lama-lama akan terbiasa. Jika ada yang kurang mengerti dengan job desk-mu di kantor baru, jangan ragu untuk bertanya pada rekan kerja atau atasan yang bersangkutan.

Tunjukkan performa terbaik

Sekarang ini kebanyakan perusahaan memberlakukan masa percobaan bagi para karyawan baru, biasanya selama tiga bulan. Masa percobaan ini terkadang memicu rasa tidak aman dan nyaman bagi karyawan baru karena takut kontrak kerjanya tidak diperpanjang. Performa di masa percobaan akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk melanjutkan kontrak kerja atau tidak.

Karena itu, tunjukkanlah performa terbaikmu. Mulailah dari datang tepat waktu, menyapa rekan atau atasan ketika berpapasan di jalan, mau menerima kritik jika ada atasan yang mengoreksi hasil pekerjaan, hingga menyumbang ide saat meeting. Tidak perlu malu untuk menunjukkan inisiatif. Kamu harus bisa membuktikan kalau kamu bisa memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan seperti yang janjikan saat interview.